Volkswagen merancang mobil listrik murah seharga Rp 300 juta yang dirilis pada 2027

Jakarta – Volkswagen akan segera mengumumkan desain akhir dari ID 1, mobil listrik entry level atau harga terjangkau terbaru dari pabrikan asal Jerman ini.

Menurut Ketua Merek Volkswagen, Thomas Schafer, ID 1 dirancang sebagai model pengganti dari e-Up, yang sudah berusia 11 tahun.

Model ini, rencananya akan dijual di seluruh Eropa pada akhir 2027, dengan harga sekitar 17 ribu poundsterling atau setara Rp 338 jutaan.

“Judul pengerjaannya ID 1, dan kendaraannya direncanakan pada 2027. Kami sedang di tengah-tengah itu semua, kami tahu seperti apa mobil itu seharusnya,” ujar Schafer.

Volkswagen ID 1 akan menjadi pesaing slot77 langsung dari Renault Twingo, yang akan diluncurkan pada 2026. Selain itu, Volkswagen juga belum menentukan rencana industri untuk model listrik harga terjangkaunya ini.

Tingginya harga baterai dan produksi di Eropa, harga Rp 300 jutaan untuk sebuah mobil listrik kemungkinan besar hanya bisa dicapai dengan volume besar,

dan skala ekonomi yang tinggi.

Bahkan, laporan terbaru menunjukan bahwa Volkswagen dapat bekerja sama dengan Renault untuk mengempangkan serta produksi ID 1 dalam kemitraan dengan Twingo.

Pada konferensi pers awal pekan ini, CEO Grup Volkswagen Oliver Blume mengatakan keputusan mengenai model entry-level akan dibuat pada tahun 2024,

merujuk pada kemungkinan kerjasama dengan Renault.

“Kami secara konseptual sedang mencari solusi dan tidak mengesampingkan kemitraan di bidang ini,” katanya.