Sejarah Astra Otoparts, Penyedia Komponen Otomotif yang Lagi Naik Daun

Jakarta, 3 Mei 2024 – Astra Otoparts sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam industri komponen otomotif di Indonesia, memiliki perjalanan panjang dan inspiratif dan saat ini sedang menjadi perbincangan di kalangan pengusaha sebab akan membagikan dividen.

Diawali dari mimpi sederhana untuk mensupport industri otomotif nasional, Astra Otoparts sudah berkembang menjadi pemimpin slot online pasar dengan jangkauan global.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman resminya, Puluhan tahun lalu PT Astra International Tbk melihat kesempatan untuk membangun perusahaan komponen otomotif. Mimpi ini terbentuk pada tahun 1969, dengan berdirinya PT Astra Otoparts Tbk (AUTO).

Permulaan mula Astra Otoparts tidaklah mudah. Kompetisi ketat dan keterbatasan teknologi menjadi tantangan utama. Tetapi, dengan kegigihan dan komitmen, perusahaan terus berinovasi dan meningkatkan kwalitas produknya. Hal ini mengantarkan perusahaan pada kesuksesan demi kesuksesan.

Perusahaan memiliki 4 unit bisnis, 11 anak perusahaan konsolidasi, 20 entitas asosiasi dan ventura bersama, serta 13 cucu perusahaan.

Pelanggannya adalah Toyota, Daihatsu, Lexus, Isuzu, UD Trucks, Hino, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, Kia, Mazda, Mercedes-Benz, Perodua, Renault, Suzuki, Volvo, dan Wuling untuk kendaraan roda empat; serta Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, Piaggio dan Viar untuk kendaraan roda dua.

Beberapa merek yang dipasarkan Astra Otoparts adalah GS Astra, Aspira, Pirelli (joint venture), Kayaba, Federal, Shell (Co-branding), Akebono,dan Incoe.