Rekam konser Bruno Mars di Bangkok dengan Pro Video Samsung S24 Ultra

Berkesempatan menghadiri konser Bruno Mars di Bangkok, Thailand pada 30 Maret 2024. Konser solo pelantun “Just the way you are” itu berlangsung di Stadion Rajmangala. Kami mendapat tiket ke festival tersebut, jadi kami melihat Bruno Mars tampil di sana.

Selama kurang lebih dua jam, kami mengabadikan keseruan konser Bruno Mars di Bangkok dengan “ponsel musikal” andalannya, Samsung S24 pilaza.com Ultra. Dengan ponsel ini kita bisa merekam fancam (rekaman musik penonton) dalam resolusi tinggi/high definition (HD) sebagai kenangan seumur hidup.

Untuk mendapatkan cuplikan fancam, kami merekam Bruno Mars menggunakan fitur Pro Video Samsung S24 Ultra. Dengan fitur ini, fancam Bruno Mars terlihat lebih bagus dan noise-nya lebih sedikit.

Dalam mode Pro Video, pengguna dapat melihat banyak pengaturan kamera seperti ISO, kecepatan rana, EV, white balance, dan opsi mikrofon. Meski memiliki banyak pengaturan dan label “Pro”, mode Pro Video pada Samsung S24 Ultra sangat ramah bagi semua pengguna, termasuk mereka yang belum terbiasa dengan pengaturan kamera.

Faktanya, Samsung S24 Ultra versi Pro Video memiliki opsi “Otomatis” dan “Manual”. Jika tidak ingin repot, pengguna bisa menekan tombol shutter dan menyerahkan sisanya pada sistem kamera Samsung S24 Ultra yang sudah canggih.

Samsung S24 Ultra akan mengatur ISO, kecepatan rana, EV dan white balance ke “Otomatis”, menyesuaikan semua pengaturan ini secara otomatis, menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan tempat. Dengan cara ini, pengguna dapat berkonsentrasi pada rekaman Bruno Mars tanpa mengubah pengaturan kamera Pro Video.

Menurut pengalaman kami, efek pencahayaan pada panggung Bruno Mars sangat berbeda dan kuat. Misalnya cahaya yang muncul tiba-tiba menunjukkan efek terang, berubah tiba-tiba menghilang, berubah tiba-tiba lagi hingga tampak seperti cahaya.

Efek pencahayaan ini berubah dengan cepat dan dengan warna berbeda. Efek cahaya seperti itu sering kali menyebabkan distorsi cahaya kamera ponsel. Hasilnya biasanya berupa tampilan atau subtitle yang besar.

Sebaliknya, tidak di Samsung S24 Ultra, apalagi di mode Pro Video. Berdasarkan pengalaman kami, sistem kamera Samsung S24 Ultra cukup canggih untuk mengimbangi flash tersebut. Video yang kami rekam memiliki pencahayaan yang sama dengan video TikTok di bawah ini.

Meski demikian, pengguna tetap bisa mengatur ISO, shutter speed, EV, dan white balance jika diinginkan. Misalnya saja dirasa Auto ISO masih terlalu terang, maka pengguna bisa mengubah nilai ISO ke nilai yang lebih rendah.

Alternatifnya, pengguna bisa menambah angka ISO jika video terlalu gelap. Salah satu fitur uniknya, Samsung S24 Ultra Video Pro memungkinkan kita memilih opsi input mikrofon.

Pertama, ada “omni”, ponsel yang akan fokus menangkap suara dari segala arah. Kedua, opsi “depan”, ponsel akan fokus mengeluarkan suara di depan (di samping layar). Ketiga, ada opsi “kembali”, ponsel fokus pada suara yang datang dari belakang (di belakang kamera belakang).