Perkembangan Teknologi Pada Mouse Komputer Dari Awal Hingga Kini

Mouse komputer telah mengalami perkembangan yang signifikan sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968 oleh Douglas Engelbart.

Perkembangan Mouse Dari Awal Hingga Kini

Berikut adalah perkembangan teknologi pada mouse komputer dari awal hingga kini:

  1. Mouse Mekanikal (Awal 1970-an): Mouse awal terdiri dari bola di bagian bawah yang bergulir pada permukaan datar. Pergerakan bola ini diubah menjadi gerakan kursor di layar.
  2. Mouse Optikal (Akhir 1970-an – Awal 1980-an): Mouse optikal pertama kali muncul pada akhir 1970-an, tetapi popularitasnya meningkat pada awal 1980-an. Mouse optikal menggunakan sensor cahaya untuk mendeteksi gerakan pada permukaan, menggantikan bola mekanikal. Ini mengurangi masalah kotoran dan keausan pada mouse.
  3. Mouse Tanpa Kabel (Awal 2000-an): Mouse tanpa kabel atau wireless menjadi populer pada awal abad ke-21. Mereka menggunakan teknologi Bluetooth atau radio frekuensi untuk menghubungkan mouse ke komputer tanpa kabel.
  4. Mouse Laser (Akhir 1990-an – Awal 2000-an): Mouse laser menggunakan teknologi laser untuk mendeteksi gerakan, memberikan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan sensor optikal tradisional. Mereka juga bekerja lebih baik pada berbagai permukaan.
  5. Mouse dengan Sensor Tinggi DPI (2000-an): Mouse dengan tingkat resolusi yang lebih tinggi, diukur dalam dots per inch (DPI), mulai muncul. Ini memberikan kontrol yang lebih baik dan resolusi yang lebih tinggi untuk pengguna yang memerlukan akurasi tinggi, seperti para pemain game.
  6. Mouse Gaming (2010-an): Mouse gaming dikembangkan khusus untuk para gamer dengan fitur-fitur seperti penyesuaian DPI tinggi, desain ergonomis, dan tombol-tombol tambahan yang dapat diprogram untuk tindakan cepat.
  7. Mouse dengan Trackball (1980-an – 2000-an): Seiring dengan perkembangan mouse tradisional, trackball juga menjadi populer. Trackball memungkinkan pengguna untuk menggerakkan kursor dengan memutar bola kecil di bagian atas mouse.
  8. Mouse dengan Sensor Gyroscopic (2010-an – Sekarang): Beberapa mouse modern dilengkapi dengan sensor gyroscopic atau akselerometer yang memungkinkan pengguna untuk mengendalikan kursor dengan gerakan perangkat itu sendiri.
  9. Mouse Ergonomis (2000-an – Sekarang): Desain mouse telah ditingkatkan untuk meningkatkan kenyamanan dan mencegah cedera repetitif, dengan penekanan pada ergonomi yang lebih baik.
  10. Mouse dengan Teknologi Haptic (Sekarang): Beberapa mouse terbaru dilengkapi dengan teknologi haptic yang memberikan umpan balik taktil kepada pengguna, meningkatkan pengalaman pengguna dengan sensasi sentuhan.

Baca Juga : Teknologi Yang Dibutuhkan Dalam Membuat Sebuah Aplikasi

Perkembangan ini terus berlanjut seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan pengguna yang semakin beragam.

Sejarah Terciptanya Mouse Komputer

Mouse komputer ditemukan oleh seorang ilmuwan komputer drpamelahardy.org bernama Douglas Engelbart pada tahun 1964. Douglas Engelbart adalah peneliti di Institut Penelitian Stanford yang pada saat itu sedang bekerja pada proyek yang dikenal sebagai “Augmentation Research Center.” Ia bekerja untuk menciptakan cara yang lebih efisien untuk berinteraksi dengan komputer.

Pada 1963, Engelbart mempresentasikan visinya dalam sebuah dokumen yang terkenal yang berjudul “A Conceptual Framework for the Augmentation of Man’s Intellect.” Di dalamnya, ia membahas tentang bagaimana komputer dapat meningkatkan kemampuan manusia untuk memahami dan memecahkan masalah.

Pertama Kali Diperkenalkan

Pada tanggal 9 Desember 1968, Engelbart memperkenalkan mouse secara resmi di sesi publik yang dikenal sebagai “The Mother of All Demos” (Demo Ibu dari Semua Demo). Acara ini diadakan di San Francisco dan diorganisir oleh Association for Computing Machinery/Institute of Electrical and Electronics Engineers (ACM/IEEE) Computer Society’s Fall Joint Computer Conference.

Pada acara tersebut, Engelbart dan timnya memperkenalkan sejumlah inovasi revolusioner, termasuk mouse. Mouse pertama kali digunakan oleh Engelbart sebagai perangkat untuk mengontrol sebuah layar komputer. Mouse ini memiliki dua roda logam kecil di bagian bawahnya yang memungkinkan pergerakan pada permukaan datar.

Evolusi Yang Terjadi

Penggunaan mouse memungkinkan pemakai untuk lebih mudah memanipulasi objek pada layar komputer dan membuat interaksi dengan komputer menjadi lebih intuitif. Meskipun pada awalnya mouse hanya menjadi perangkat eksperimental, namun seiring berjalannya waktu, perangkat ini menjadi populer dan menjadi bagian integral dari komputer personal.

Mouse kemudian mengalami evolusi dan pengembangan, menggantikan roda-roda logam dengan bola, kemudian dengan sensor optikal, dan terus menerus mengalami peningkatan fitur dan teknologi hingga saat ini. Meskipun sejumlah alternatif dan perangkat pengganti telah muncul, mouse tetap menjadi salah satu perangkat input paling umum yang digunakan pada komputer personal.