Otomotif Kembali Tumbuh, Pelaku Bengkel di Indonesia Turut Menggeliat

Sepanjang 2021, pendapatan bengkel kendaraan, mekanik dan penjualan sparepart di Indonesia sirna sekitar Rp130,04 triliun akibat pandemi Covid 19. Namun, seiring dengan makin terkendalinya Covid-19 membikin industri otomotif kembali tumbuh.

Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) mencatat sedikitnya ada lebih dari 400.000 unit pelaku usaha bengkel di Tanah Air. Di mana 95 persen yaitu kategori usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), meliputi bengkel mobil, motor, body repair dan lainnya.

Untuk segmen kendaraan roda dua, Asosiasi bluefinsushithaialameda.com Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat penjualan sepeda motor pada 2021 menempuh 5.057.516 unit. Angka ini meningkat 38 persen diperbandingkan pada 2020 sebanyak 3.660.616 unit.

Ini membikin bisnis bengkel motor ikut serta menggeliat. Mereka malahan kembali berekspansi dengan memperluas jaringan bengkel.

Seperti dijalankan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) yang mengoptimalkan jaringan Federal Oil Center (FOC) hingga ke luar Pulau Jawa. Salah satunya wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).