Beranda Gadget OPPO A96 Vs OPPO Reno5 F – Yuk Kenali Perbedaan Utamanya!

OPPO A96 Vs OPPO Reno5 F – Yuk Kenali Perbedaan Utamanya!

31
0
OPPO A96 Vs OPPO Reno5 F – Yuk Kenali Perbedaan Utamanya!
OPPO A96 Vs OPPO Reno5 F – Yuk Kenali Perbedaan Utamanya!

OPPO A96 diklaim telah membawa berbagai fitur yang sebelumnya hadir di seri OPPO Reno, seperti pengisian daya super cepat 33W Super VOOC, RAM Expansion, dan ROM Expansion.

Dengan kisaran harga Rp4.299.000, fitur-fitur yang ditawarkan oleh OPPO A96 bisa dibilang menarik. Apalagi harga tersebut hampir sama dengan OPPO Reno5 F yang hadir tahun lalu.

Dibandingkan OPPO Reno5 F, OPPO A96 pun hadir dengan beragam peningkatan dari sektor hardware maupun fitur yang membuatnya mampu bersaing pada segmen handphone kelas menengah di Tanah Air saat ini.

Untuk mengetahui apakah OPPO A96 memiliki keunggulan dibandingkan dengan OPPO Reno5 F, maka kamu dapat melihat komparasinya sebagai berikut.

Perbedaan OPPO A96 Vs OPPO Reno5 F
Dapur pacu OPPO A96 dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz. Sementara Reno5 F menggunakan chipset besutan MediaTek yang dirilis 2 tahun lalu, yakni Helio P95 (12nm) 2,2 GHz.

Dari data di atas terlihat bahwa selain teknologi fabrikasinya yang lebih maju dan efisien, Snapdragon 680 juga mempunyai kecepatan maksimal yang lebih tinggi dibandingkan dengan Helio P95.

Berdasarkan pengujian internal dengan menggunakan AnTuTu Benchmark V9, OPPO A96 berhasil mendapatkan skor 276.229 poin yang lebih tinggi dibandingkan dengan OPPO Reno5 F yang mendapatkan skor 191.812 poin.

READ  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A04s

Meskipun sama-sama memiliki RAM 8 GB, namun OPPO A96 punya teknologi bernama RAM Expansion. Hadirnya teknologi tersebut memungkinkan kapasitas kosong dari penyimpanan internal dipinjam menjadi RAM Virtual dengan pilihan 2 GB, 3 GB, dan 5GB.

Dengan begitu OPPO A96 dapat memiliki RAM dengan kapasitas total yang mencapai 13 GB (RAM 8 GB + RAM Virtual 5 GB). Sebagai catatan, RAM Virtual baru akan digunakan oleh sistem apabila kapasitas RAM fisik sudah hampir penuh digunakan.

Sementara itu, OPPO A96 mempunyai penyimpanan internal 256 GB atau dua kali lipat lebih lega dibandingkan OPPO Reno5 F yang hanya memiliki kapasitas 128 GB.

Apalagi OPPO A96 mempunyai fitur ROM Expansion yang dapat memindahkan data aplikasi sistem dan media sosial ke kartu microSD sehingga penyimpanan internal tidak akan cepat penuh.

Apabila Reno5 F mendukung microSD hingga 256 GB, maka OPPO A96 mampu membaca microSD dengan kapasitas yang lebih besar lagi mencapai 1 TB. Tentunya microSD akan sangat membantu pengguna kedua handphone ini untuk mengekspansi kapasitas penyimpanan.

Menurut pengujian internal, baterai 5.000mAh dari OPPO A96 mampu mendapatkan skor PCMark for Android mencapai 18 jam 38 menit sedangkan OPPO Reno5 F mendapatkan skor mencapai 11 jam 31 menit. Keduanya menggunakan mode refresh layar 60Hz.

READ  Jam Tangan Pintar Terbaru dengan Teknologi Mirasol Resmi Diperkenalkan

Adapun fitur pengisian daya baterai cepat dari kedua handphone ini sedikit berbeda di mana OPPO A96 dilengkapi 33W SuperVOOC saat OPPO Reno5 F dibekali dengan 30W VOOC Flash Charge 4.0.

Tidak seperti Reno5 F yang melewatkan fitur ini, OPPO A96 telah dibekali sensor NFC (Near Field Communication) yang dapat membantu pengguna untuk melakukan pembayaran digital, pengisian saldo kartu e-money, dan transfer data.

Walaupun menggunakan layar beresolusi Full HD+ dengan desain yang memenuhi bagian depan, namun OPPO A96 menggunakan layar 6,59 inci dengan teknologi LTPS-LCD. Berbeda dengan OPPO Reno5 F yang memiliki layar 6,4 inci dengan teknologi AMOLED.

Namun berkat penggunaan refresh rate 90Hz, layar OPPO A96 mampu menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game yang lebih halus dibandingkan layar Reno5 F dengan refresh rate 60Hz.

Untuk membuat suara video, musik, maupun game menjadi lebih hidup, OPPO A96 dilengkapi dengan dua speaker (atas serta bawah) yang mampu menghasilkan audio stereo. Sementara Reno5 F masih hanya memiliki satu speaker saja.

READ  Hal yang Bikin OPPO A55 Patut Kamu Lirik

OPPO A96 mempunyai kamera utama 50 MP, sedikit lebih besar dibandingkan kamera utama 48 MP pada Reno5 F. Menariknya, OPPO A96 telah dilengkapi fitur Bokeh Flare Portrait yang mampu menghasilkan foto dengan subyek fokus, namun latar belakangnya berefek bokeh berbentuk bulat layaknya menggunakan kamera profesional.

Sementara itu, Reno5 F mempunyai kamera ultrawide 8 MP yang dapat menghasilkan foto dengan area luas. Meskipun OPPO A96 tidak dibekali dengan kamera jenis ini, namun kamu dapat menggunakan Panorama Mode untuk menghasilkan foto yang lebih luas.

Kesimpulan
OPPO A96 mempunyai performa dan kapasitas penyimpanan yang lebih unggul dibandingkan dengan Reno5 F. Apalagi OPPO A96 mempunyai dukungan RAM Expansion dan ROM Expansion yang mampu meningkatkan kinerja multitasking.

Daya tahan baterai OPPO A96 pun terbilang bertahan lebih lama dibandingkan Reno5 F. Ditambang lagi OPPO A96 juga mempunyai dukungan AI Bokeh Flare Portrait yang lebih baru dan menarik dibandingkan dengan Dynamic Bokeh yang hadir pada OPPO Reno5 F.

Secara keseluruhan, OPPO A96 memang mempunyai fitur-fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan Reno5 F. Namun keputusan untuk membeli salah satu perangkat ini tetap ditentukan oleh kamu sendiri.