Nio Bermotif Terbaru Segmen Beroda Listrik Murah, Siapkan Teladan Coupe dan Hatchback

Produsen kendaraan listrik premium China, Nio, berniat berdiri dua kaki dengan mengenalkan model baru via dua sub-merek yang diperuntukkan bagi mass-market, yang dijadwalkan mengaspal pada akhir 2024. Kedua sub-merek itu akan dipusatkan untuk menyasar pasar Eropa, walau juga akan mengawali debutnya di China.

“Nio saat ini sedang berusaha meluncurkan merek mobil baru, yang tidak terlalu premium, jelas masih 100 persen listrik, dan slot spaceman lebih pantas untuk keperluan pasar Eropa,” kata Nicolas Vincelot, manajer biasa Nio Prancis, dalam acara forum bisnis Prancis-China di Paris, Senin (6/5/2024) seperti dikutip dari Reuters.

Situs web baru dari sub-merek Nio yang bernama Onvo malah legal diluncurkan di China, dengan status “stay tuned” untuk model terupdate, Onvo L60 yang berwujud coupe. Teladan ini diantisipasi akan memiliki harga sekitar USD 30.500 atau sekitar Rp 489,7 juta, meski masih menunggu konfirmasi dari pabrikan.

CEO William Li menyatakan bahwa sub-merek ini dikembangkan untuk menyaingi Tesla Teladan Y, yang di mana yakni mobil listrik terlaris di dunia.

Vincelot menyatakan rinci lebih lanjut mengenai model hal yang demikian akan diumumkan kepada publik memasuki akhir bulan ini, sementara peluncuran globalnya direncanakan pada kuartal ketiga 2024 untuk langsung dikirimkan akhir tahun.

Menyusul peluncurannya pada 2025, satu sub-merek lagi dengan kode nama Firefly, dikonfirmasi akan menawarkan harga di bawah USD 30.000 atau berimbang Rp 481,5 juta.

Teladan pertama Firefly akan berwujud kendaraan listrik ragam hatchback empat pintu yang lebih kecil dibanding Onvo L60, yang dirancang khusus untuk mobilitas perkotaan di Eropa.

Sedikit Bocoran Seputar Onvo L60
Berkat bocoran info merek Onvo dari masyarakat online, yang dihimpun CarNewsChina, Onvo L60 akan menggendong paket baterai berkapasitas 60 dan 90 kWh.

Paket yang lebih kecil menerapkan baterai lithium iron phosphate (LFP) yang diproduksi oleh buah hati perusahaan BYD, FinDreams, meski paket yang lebih besar menerapkan sel NCM dari CATL.

Kendati demikian, baterainya akan tetap kompatibel dengan stasiun penukaran baterai generasi ketiga Nio.

Nio menerapkan paket baterai lansiran dari perusahaan luar imbas recana pemangkasan biaya untuk memisahkan produksi baterai dari perusahaan hal yang demikian. Ini dilakukan sebagai tanggapan kepada perlambatan penjualan kendaraan listrik dan ketatnya persaingan harga di Tiongkok.

Menurut masyarakat online di Weibo, Onvo L60 akan menerapkan platform silikon karbida berarsitektur 900 V.

Di bagian depan, Onvo L60 menerapkan suspensi MacPherson strut, meski di bagian belakang memiliki pengendalian independen lima tautan.

Padahal diperuntukkan untuk mass-market, kabinnya diklaim berkwalitas berimbang Nio yang premium. Ini tampak dari layar sentra yang seperti dibawa dari Nio ET9. Kokpitnya juga dinyatakan ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 8295.