Mengenal Jurusan Teknik Otomotif dan Prospek Kariernya

Indonesia menggelar perhelatan balapan MotoGP di Mandalika. Tahukah detikers, keberhasilan tersebut tidak benar satunya berkat industri otomotif di Indonesia?
Nah, calon mahasiswa yang mempunyai minat berkarier di industri otomotif, jurusan tehnik otomotif bisa menjadi tidak benar satu pilihan studi. Apa saja ilmu yang dipelajari di jurusan Teknik Otomotif?

Dikutip dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, tersebut sekilas pelajaran dan peluang kerja lulusan Teknik Otomotif.

A. Belajar Apa di Jurusan Teknik Otomotif?
Mahasiswa jurusan Teknik Otomotif studi tentang merancang, membuat, dan mengembangkan alat-alat transportasi spaceman slot darat yang menggunakan mesin, lebih-lebih sepeda motor, bis, dan truk. Teknik otomotif sendiri merupakan kolaborasi ilmu ilmu mekanika, listrik, elektronik, matematika, fisika, kimia, biologi, dan manajemen.

Di jurusan ini, anda juga dapat mempelajari beberapa topik praktikum sebagai berikut:

– Fisika dasar

– Menggambar mesin

– Auto CAD

– Teknik produksi

– Elemen mesin

– Menggambar teknik

– Motor diesel

– Motor bensin

B. Peluang Karier Lulusan Teknik Otomotif
1. Mekanik motor/ mobil

2. Perancang dan teknisi mesin

3. Bagian perencanaan produk otomotif

4. Marketing produk otomotif

5. Maintenance planner

6. Development design

7. Safety engineer

8. Efisiensi gas emisi

9. Bidang noise, vibration, dan harshness

10. Performance engineer

11. Pengendali dinamis kendaraan

12. Maintenance dan Operation Research

C. Universitas Jurusan Teknik Otomotif Terbaik
1. Universitas Negeri Malang

UM mempunyai jurusan Otomotif yang terakreditasi A dari BAN-PT. Mata kuliah yang di tawarkan yakni Peralatan Otomotif, Teknologi Motor Diesel, Teknologi Motor Bensin, Kelistrikan Engine, hingga Perbaikan Bodi Kendaraan.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), tersedia jurusan Pendidikan Teknik Otomotif untuk S1 dengan keseluruhan 148 SKS. Detikers yang menentukan kuliah di sini dapat mempelajari mata kuliah layaknya Teknologi Otomotif Dasar, Termodinamika, Listrik dan Elektronika dasar, hingga Elemen Mekanik Otomotif.

3. Universitas Muhammadiyah Purworejo

UMP mempunyai jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Jurusan ini merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

4. Universitas Negeri Padang

Jurusan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Padang mempunyai akreditasi A. Jurusan S1 ini lebih difokuskan kepada penyiapan tenaga kependidikan atau guru untuk mengajar di Sekolah Menengah Kejurusan (SMK).

5. Universitas Negeri Makassar

UNM mempunyai jurusan Pendidikan Teknik Otomotif. Mata kuliah di jurusan ini di antaranya yakni Material Teknik, Elektronika Otomotif, Thermodinamika & Perpin Panas, hingga Modifikasi Sepeda Motor.

Nah itulah informasi tentang jurusan tehnik otomotif. Bagaimana, tertarik mengambil jurusan ini, detikers?