MANFAAT PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN

MANFAAT PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PERPUSTAKAAN

digital library

Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan penerapannya didalam banyak hal membawa dampak banyak bidang menjadi terbantu karena adanya teknologi ini. Penerapan teknologi didalam beraneka bidang dapat memberi tambahan manfaat dan kemudahan bagi penduduk banyak.

Penerapan teknologi terhadap perpustakaan memberi tambahan efek banyak lebih-lebih didalam pengelolaan pepustakaan. Bentuk perpustakaan sendiri tidak melulu bersifat gedung atau ruangan yang menyajikan koleksinya didalam bentuk cetak, dengan adanya teknologi koleksi perpustakaan dapat disajikan didalam bentuk digital yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Manajemen perpustakaan termasuk jauh lebih gampang dikerjakan berkat penerapan teknologi. Dengan komputerisasi, pegawai perpustakaan atau pustakawan joker123 tidak mesti lagi secara manual mencatat log kegiatan kunjungan atau peminjaman. Cukup meninputkan knowledge terhadap komputer dan komputer yang akan mencatatnya, lebih-lebih dapat dikerjakan secara otomatis dengan penerapan scan barcode.

Kita dapat menyaksikan bahwa sebetulnya penerapan teknologi dapat memberi tambahan manfaat secara segera untuk perpustakaan. Berikut merupakan manfaat yang dapat dipetik dari penerapan teknologi informasi di perpustakaan.

Mengefisiensikan dan mempermudah pekerjaan didalam perpustakaan
Memberikan fasilitas yang lebih baik kepada pengguna perpustakaan
Meningkatkan citra perpustakaan
Pengembangan infrastruktur nasional, regional, dan global (2008:23)

Dengan menyaksikan manfaat baiknya penerapan teknologi terhadap perpustakaan maka akan sangat bagus terkecuali tiap-tiap perpustakaan dapat menerapkan teknologi ini sesuai dengan keperluan tanpa meninggalkan esensi perpustakaan itu sendiri. Kemudahan yang di tawarkan dengan penerapan teknologi ini termasuk mesti disadari dan diantisipasi karena dapat mengundang efek yang tidak cukup baik, contohnya karena kemudahan akses secara digital, pengunjung menjadi malas atau tidak rela lagi berkunjung ke perpustakaan secara segera karena apa yang mereka cari dapat ditemui dengan gampang secara online.

Inilah tantangan yang mesti dihadapi didalam pengembangan perpustakaan dan penerapan teknologinya. Perpustakaan mesti dirancang dengan sistem yang baik agar pengguna dapat merasakan manfaat penerapan teknologi yang digunakan.