Keluhkan Apple ID Logout Sendiri meminta Ganti Sandi

Jakarta – Sejumlah pengguna Apple melaporkan akun Apple ID mereka tiba-tiba ter-logout. Bahkan para pengguna ini diminta untuk mengubah slot depo 10k kata kunci mereka untuk dapat menerima akses ke Apple ID.

Problem ini banyak dilaporkan oleh pengguna perangkat Apple mulai dari iPhone, iPad, hingga Mac.

Mengutip laporan, masalah ini mulai muncul di media sosial sekitar dua hari lalu, 26 April 2024, dikala malam hari. Para pengguna melaporkan perangkat Apple mereka tahu-tahu logout dari akun Apple ID dan meminta si pengguna ganti kata kunci.

Seorang pengguna melaporkan, dikala diaplikasikan, perangkat tiba-tiba saja logout dari Apple ID. Saat pengguna hal yang demikian mencoba untuk login kembali gunakan kata kunci lama, mereka tidak dapat mengerjakannya.

Dampak bagi pengguna

Mengutip Gizchina, Minggu (28/4/2024), masalah tidak terduga ini menyebabkan implikasi lain bagi pengguna, salah satunya adalah memicu aktifnya Stolen Device Protection. Ini adalah fitur untuk melindungi iPhone atau perangkat lain yang sirna.

Selain itu, para pengguna yang sebelumnya telah membikin kata sandi khusus aplikasi di iCloud juga me-reset ulang kata kuncinya sehingga dapat menganggu akses mereka ke berbagai aplikasi.

Belum Dikenal Alasannya, Melainkan Kemungkinan Bug

Sejauh ini belum diketahui apa penyebab masalah ini terjadi. Melainkan, hal ini kemungkinan terjadi terkait dengan adanya kerentanan keamanan atau sebuah serangan tertarget pada fitur reset kata kunci Apple.

Sebelumnya di masa lalu, serangan yang sama juga pernah terjadi. Saat itu mulut besar menggunakan tool reset kata kunci Apple untuk mengirimkan spam ke pengguna dalam bentuk notifikasi, mencoba untuk mencuri kredensial login si pengguna.

Menghadapi masalah ini, para pengguna perangkat Apple yang mendadak akun Apple ID-nya ter-logout, direkomendasikan untuk menghindari klik notifikasi link reset kata kunci.