Ini yang Terjadi Kalau ICCU Beroda Listrik Hyundai Tak Diupdate

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum lama ini mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk perbaikan pada lini produk mobil listrik mereka. Program ini terkait dengan pembaruan software bagian Integrated Charge Control Unit (ICCU).

Haris Wiyono selaku Head of After Sales Sevice HMID menyebutkan, program recall ini telah berjalan sejak 6 Maret 2024. Recall ini sendiri melibatkan 9.000 unit yang diniagakan sejak Maret 2022 hingga slot gacor hari ini April 2024, yang meliputi Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, dan beberapa Genesis G80.

Dia juga menjelaskan, Integrated Charge Control Unit (ICCU) yaitu bagian yang bertanggung jawab untuk pengerjaan pengisian daya baterai mobil listrik Hyundai. Berkaitan recall ini, jikalau bagian hal yang demikian tidak di-update karenanya berpotensi memunculkan persoalan.

“(ICCU) sepatutnya di-update software-nya karena sekali-sekali ada kendala pada ketika pengecasan dengan system AC. Jadi sepatutnya di-update untuk menyelesaikan persoalan itu,” terangnya di Jakarta, Rabu (8/5/2024) malam.

Dirinya mempertimbangkan, perbaikan ini bisa dilakukan di dealer Hyundai manapun. “Waktunya malahan cukup singkat, hanya 20 menit saja. Untuk konsumen fleet kami bisa datangi dengan mobile service,” ujarnya.

Dirinya juga mempertimbangkan jikalau pengerjaan perbaikan hal yang demikian konsumen tidak dibebankan biaya alias free.

“Kalau sesudah dicek ditemukan bagian yang perlu diganti tentunya akan kami ganti karena masih dicover garansi,” jelasnya.

Berita ke Konsumen
Layak hukum yang berlaku di Indonesia, HMID mengabarkan hal hal yang demikian kepada pelanggan via bermacam saluran komunikasi, di antaranya via surat legal, media massa hingga laman legal (laman) Hyundai.

HMID call center juga secara proaktif menghubungi pelanggan terutamanya pemilik Ioniq 5 dan Ioniq 6 yang sepatutnya melakukan pembaruan software pada bagian ICCU untuk berikutnya diberi tuntunan ke dealer terdekat.

Kemudian, pelanggan juga bisa memperoleh berita lebih komplit yang tersedia 24 jam dengan menghubungi Hyundai Call Center di 0 800 1 878 878 (bebas pulsa).