Industri Otomotif Bangkit, Manfaatkan Peluang ini supaya Tak Tertinggal

Industri otomotif Indonesia yakni salah satu sektor penting dalam perekonomian nasional. Industri ini tak hanya berkontribusi pada Produk Negeri Bruto (PDB) non-migas, namun juga menyerap banyak tenaga kerja.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, pada tahun 2021, industri otomotif nasional cakap menyerap tenaga kerja seketika maupun tak seketika sebanyak 1,5 juta orang. Jumlah ini menunjukkan bahwa industri otomotif mempunyai peran penting dalam menghasilkan lapangan pekerjaan di Indonesia.
Manfaatkan Peluang di Industri Otomotif
Perkembangan industri otomotif di Indonesia membuka lowongan kerja yang berjenis-jenis, bagus di sektor manufaktur maupun di sektor pensupport lainnya. Di sektor manufaktur, terdapat berjenis-jenis jenis pekerjaan yang tersedia, seperti teknisi produksi yang bertanggung jawab untuk merakit dan menguji kendaraan.

Lalu ada teknisi mesin yang bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaiki mesin kendaraan. KemudiantTeknisi https://www.madaboutrh.com/ elektrikal yang bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaiki sistem kelistrikan kendaraan. Ada juga quality control inspector yang bertanggung jawab untuk menentukan kualitas kendaraan cocok dengan standar yang telah ditetapkan.

Bagian lain yang cukup menarik yakni tenaga logistik yang bertanggung jawab untuk mengelola pergerakan barang dan bahan baku di pabrik. Kecuali di sektor manufaktur, industri otomotif juga memerlukan tenaga kerja di sektor pensupport lainnya, seperti dealer dan bengkel, perusahaan pembiayaan hingga perusahaan asuransi.

Lalu apa saja tantangan yang dihadapi oleh tenaga kerja di industri ini. Bagian yang semestinya Anda cermati yakni bayaran masih tergolong rendah dibandingkan dengan sektor industri lainnya seperti industri teknologi kabar. Lalu keterampilan yang tak memadai lantaran masih banyak tenaga kerja di industri otomotif yang tak mempunyai keterampilan yang dibutuhkan oleh industri.

Belum lagi kondisi kerja yang berat lantaran memerlukan jasmaniah kuat dan bendung banting serta jam kerja panjang secara khusus untuk pekerja di sektor manufaktur.
Upaya Pemerintah Meningkatkan Kesejahteraan
Pemerintah dan pelaku industri otomotif perlu melakukan berjenis-jenis upaya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di industri ini.

Industri otomotif Indonesia yakni salah satu sektor penting dalam perekonomian nasional dengan menawarkan banyak peluang kerja. Tapi, masih terdapat sebagian tantangan yang dihadapi oleh tenaga kerja di industri ini, seperti bayaran yang rendah, keterampilan yang tak memadai, kondisi kerja yang berat, dan jam kerja yang panjang,” ujar Instruktur & Kepala Bengkel Otomotif, Muhammad Restu di Jakarta.

Pemerintah dan pelaku industri otomotif perlu melakukan berjenis-jenis upaya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di industri ini supaya industri ini bisa terus berkembang dan berkontribusi pada perekonomian nasional.