Hadiri Konferensi Internasional di Makkah, Haji Syafruddin Terbang ke Jeddah

Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo terbang ke Jeddah, Saudi Arabia, Ahad Pagi (17/3/2024) dalam rangka menghadiri undangan Liga Muslim Dunia pada Konferensi Internasional \\\”Membangun Kedekatan Antara Madzhab dalam Islam\\\” yang rencananya akan dilaksanakan di Makkah Al-Mukarromah (17-18/3).

Konferensi Internasional hal yang demikian dibawah naungan Pelayan Dua Tanah Suci Raja Saudi Arabia Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, dan dihadiri oleh para ulama, mufti, cendikiawan dan tokoh-tokoh dari dunia internasional.

Konferensi diadakan berpijak pada prinsip Liga Muslim Dunia dalam rangka menyamakan misi dan persepsi serta mahjong ways mendekatkan pandangan- pandangan dalam keragaman madzhab umat Islam di dunia.

Dalam undangan yang dikirimkan Sekjen Liga Muslim Dunia HE. Dr. Muhammad Abdul Karim Al-Isa terhadap Haji Syafruddin, dia menegaskan apresiasi Liga Muslim Dunia atas peran aktif dan baik yang dilaksanakan oleh Haji Syafruddin yang telah turut serta dalam memperkuat dan menyatukan umat Islam, dan menghadapi tren fanatisme dan perpecahan.

Liga Muslim Dunia melihat bahwa fanatisme madzhab yang berlebihan tak lagi relevan untuk konteks saat ini. Umat Islam dan dunia mendambakan persatuan dan kerjasama yang lebih kuat dan bersifat mutualistis, meski konsisten memelihara keragaman pandangan dalam madzhab-madzhab itu.

Diantara rombongan yang turut menghadiri Konferensi hal yang demikian yakni Brigjen Pol M. Permulaan Chairuddin dan Pimpinan Pondok Modern Tazakka KH. Anang Rikza Masyhadi.

Bahas Wakaf di Abu Dhabi
Ketua Institusi filantropi Assalam fil Alamin (ASFA) Foundation Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo melakukan lawatan luar negeri terakhirnya di Abu Dhabi.

Di Dubai, Syafruddin bersua dengan Mufti Dubai Syaikh Abdul Aziz Al-Haddad, membahas perihal kerja sama dakwah Islamiyah yang berhaluan wasatiyyah dan fatwa-fatwa keIslaman khususnya yang berkaitan dengan zakat dan wakaf.

Selain itu, dia juga bersua dengan Rektor Universitas Muhammad bin Zaid, Kholifah Ad-Dhoiry.

Pertemuan membahas kerja sama percepatan pengembangan SDM Indonesia untuk menyongsong bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045,\\\” kata Syafruddin dalam keterangannya, Rabu (28/2/2024).

Diceritakan, rektor menyambut baik program ASFA Foundation untuk mengirimkan kader pesantren. Selain itu, juga akan mengundang Ketua ASFA Foundation untuk hadir di konferensi internasional perihal penenteraman.

Selain itu, Syafruddin juga bersua dengan Kepala Keislaman dan Wakaf Abu Dhabi, Umar Habtur Ad-Dar\\\’i.

\\\”Pertemuan membahas berkaitan pengembangan wakaf produktif, keIslaman dan kerjasama dengan Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI),\\\” ungkap Syafruddin.

Adapun dalam kunjungannya dia diantar olh Wasekjen MUI Ali Hasan Al-Bahas, kemudian sejumlah perwakilan ASFA Foundation.