Ducati Indonesia Rilis Dua Model Baru, Berikut Terperincinya

Ducati Indonesia merilis dua teladan baru di sela acara ‘We Ride As One’ di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (4/5/2024). Kedua teladan baru hal yang demikian yaitu Hypermotard 698 Mono dan DesertX Rally.

“Momen kali ini sungguh-sungguh spesial bagi Ducati Indonesia. Dapat berkumpul, serta merayakan event global tahunan spaceman We Ride As One di tempat ikonik yaitu Candi Prambanan. Lebih dari 300 Ducatisti hadir dan ini yaitu momen yang menakjubkan. Ditambah dengan peluncuran dua motor unggulan terbaru kami yaitu Ducati Hypermotard 698 Mono dan Ducati DesertX Rally,” kata CEO Ducati Indonesia, Jimmy Budhijanto, dalam keterangan resminya.

Ducati Hypermotard 698 Mono yaitu motor satu silinder pertama dari Ducati yang menyajikan sensasi fun to ride, dominating, simple, dan lightweight.

Lalu Ducati DesertX Rally, yaitu sebuah motor jalan raya yang dirancang untuk menghadapi medan offroad paling berat, dengan desain kontemporer yang terinspirasi dari motor Enduro era 80-an.

Dia yaitu motor satu silinder pertama Ducati. Terlahir dari kombinasi DNA supermoto dengan DNA motor sport khas Ducati.

Menonjol dari geometri kemudi dan jarak sumbu roda, inersia roda depan yang rendah, distribusi beban lebih ringan diperbandingkan dengan motor lain di segmennya.

Menggunakan teknologi teknis yang diterapkan pada Ducati Panigale dari sisi mesin, elektronik sampai sasis. Ducati Hypermotard 698 Mono kapabel memberikan pengalaman berkendara yang baru dan berbeda ketika mengendarainya.

Secara teknis Ducati Hypermotard 698 Mono dirancang dan dibuat untuk menempuh daya kerja maksimal di aspal. Diceritakan apabila Superquadro Mono yaitu mesin satu silinder paling ekstrem yang pernah dipasang ke motor produksi. Putaran mesinnya dapat tembus 10.250 rpm, diklaim paling tinggi.

Teknologi mesinnya mirip Panigale V4-R yang dipasang ke mesin 659 cc satu silinder dan juga titisan dari Panigale 1299. Menggunakan piston bore 116 mm, ruang bakar menerapkan katup titanium, serta distribusi Desmodromic, teknologi yang sama yang diterapkan Ducati di MotoGP.

Walhasil, kekuatan tembus 77,5 Hp. Angka hal yang demikian hampir sama dengan Triumph Trident 660 yang gunakan mesin tiga silinder.

Mesin buasnya dipadukan dengan rangka trellis yang bobotnya cuma 7,2 Kg, ditambah pelek alloy palang lima teladan Y dan swingarm aluminium. Sisi pengereman, mengandalkan Brembo kaliper M4.32 dengan cakram 330 mm di depan dan 240 mm di belakang.

Dari sisi desain, Ducati Hypermotard 698 Mono hadir dengan struktur yang dirancang seringkas mungkin, menampilkan kesan sporty. Dari jok tinggi, sampai buntut yang tajam, setiap elemen dirancang untuk menegaskan sikapnya yang tangguh.

Hypermotard 698 Mono juga mempunyai versi spesialnya, yaitu RVE. Tampil dengan corak ‘Graffiti’ unik. Inspirasi dari seni trek, desain ini memberikan sentuhan halus dan kompleks.

Fiturnya ada Ducati Traction Control, Ducati Wheelie Control, Engine Brake Control, Ducati Power Launch and Ducati Quick Shift (DQS) Up/Down untuk versi RVE.

Lalu ada Cornering ABS dan ABS-nya punya empat setelan, serta empat mode berkendara yang dapat dipilih, Sport, Road, Urban dan Wet. Segala isu hal yang demikian ditampilkan via layar instrumen 3,8 inci.