CIA Amerika Habiskan Waktu 10 Tahun untuk Membobol Sistem Keamanan Apple

Langkah penyadapan yang dilakukan oleh Amerika melalui lembaga NSA sudah dikuak ke publik oleh Edward Snowden. Dan kini, ternyata tak hanya NSA yang terlibat dalam aksi penyadapan tersebut. Menurut laporan dari The Intercept, lembaga CIA juga turut terlibat, dan bahkan menghabiskan waktu 10 tahun untuk membongkan sistem keamanan milik Apple.

Menurut laporan mereka, CIA memulai proyek pembongkaran enkripsi di sistem Apple pada tahun 2006, setahun sebelum Apple secara resmi memperkenalkan iPhone pertamanya. CIA pun memperoleh kucuran dana dari “black budget”. Dalam laporan itu, Intercept pun bahkan menyebutkan kalau para peneliti yang bertugas untuk membongkan sistem keamanan Apple itu berada di Sandia National Laboratories.

Meskipun hampir menghabiskan waktu selama 10 tahun, tidak ada informasi yang mengungkapkan apakah usaha yang dilakukan oleh CIA itu berhasil atau tidak. Terlebih CIA sendiri enggan memberikan komentarnya terkait laporan tersebut. Di sisi lain, kalaupun CIA berhasil membongkar sistem keamanan Apple, tentu saja hal ini bakal memberikan kredit buruk bagi perusahaan.