Berbagai Makanan Berprotein Tinggi yang Sehat Dikonsumsi

Makanan berprotein tinggi sebenarnya memberikan berbagai macam manfaat untuk tubuh. Bukan hanya itu, jenis makanan ini juga sangat mudah di dapatkan.

Kandungan protein yang ada di dalam makanan sangat berguna untuk memperbaiki kerusakan jaringan tubuh dan membangun sel di jaringan tubuh yang baru.

Berbagai Makanan Berprotein Tinggi yang Sehat Dikonsumsi

Bukan hanya itu, pengonsumsian makanan dengan kandungan protein tinggi juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka, memperkuat tulang bahkan menurunkan tekanan darah.

Bahkan, makanan dengan kandungan protein tinggi bisa membantu menjaga berat badan sehingga menjadi tetap ideal. Hal tersebut disebabkan karena metabolisme tubuh yang meningkat hingga akhirnya bisa memicu pembakaran lemak dengan jumlah lebih banyak.

Anda bisa menggunakan makanan dengan protein tinggi sebagai menu diet menurunkan berat badan. Untuk orang yang memiliki tubuh kurus, protein  dibutuhkan agar berat badan dapat bertambah menjadi ideal.

Daftar Makanan Berprotein Tinggi yang Mudah Ditemukan

Meskipun makanan tinggi protein sangat baik untuk tubuh, namun makanan dengan kandungan protein tinggi kurang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Penderita penyakit ini biasanya disarankan mengurangi protein karena bisa membuat kinerja dari ginjal menjadi semakin berat.

Berikut beberapa pilihan makanan yang tinggi kandungan protein, seperti:

  1. Telur

Telur menjadi jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Protein murni berada di bagian putih telur. Dalam satu butir telur memiliki kandungan kurang lebih 6 gram protein.

Bukan hanya protein, telur juga sangat kaya kandungan mineral vitamin serta lemak tak jenuh.

  1. Makanan laut

Makanan laut seperti udang, cumi, ikan laut, kerang hingga teripang merupakan makanan dengan kandungan protein tinggi. Dalam satu porsi ikan laut terdapat kandungan 19 gram protein.

Bukan hanya itu, ikan laut juga memiliki kandungan 27 gram protein di dalam setiap porsi. Seporsi udang memiliki kandungan 20 gram protein. Seafood juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan  terutama kesehatan jantung.

Di dalam seafood terdapat kandungan omega-3 dan mineral yang sangat banyak. Selain itu ada berbagai macam nutrisi yang bisa ditemukan di ikan air tawar.

  1. Daging

Makanan berprotein tinggi lainnya adalah daging. Daging baik daging ayam maupun sapi juga kaya kandungan protein.

Contohnya saja dalam dada ayam tanpa kulit, makanan ini memiliki kandungan protein tinggi. Bukan hanya protein, daging juga kaya dengan kandungan zat besi serta vitamin B12.

  1. Susu dan berbagai produk olahannya

Susu serta berbagai produk olahannya seperti yoghurt dan keju bukan hanya memiliki kandungan protein yang tinggi tetapi juga kaya dengan kandungan vitamin D serta kalsium yang sangat baik bagi kesehatan tulang.

Di dalam segelas susu memiliki kandungan 8 gram protein dan di dalam 100 gram keju memiliki kandungan 20 gram protein.

Tetapi, jika ingin mengkonsumsi susu serta produk olahan yang dimilikinya, lebih baik memilih susu rendah lemak. Biasanya susu rendah lemak juga rendah kolesterol dan memiliki kandungan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang serta gigi.

  1. Nabati

Bukan hanya dari hewani, protein juga bisa didapatkan dari tumbuhan. Protein yang diperoleh dari tumbuhan disebut dengan nabati. Makanan yang menjadi sumber protein nabati ini seperti gandum, brokoli, biji-bijian, kacang kedelai, tempe dan tahu.

Bukan hanya menjadi sumber protein tinggi, sayuran seperti brokoli juga memiliki kandungan vitamin C, serat, kalium serta vitamin K. Brokoli juga memiliki kandungan antioksidan yang banyak sehingga bisa mengurangi risiko penyakit kanker.

Ketika mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, Anda juga harus mempertimbangkan kandungan lemak, ketika memilih makanan usahakan memilih yang rendah kandungan lemak seperti daging tanpa lemak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *