Apakah Vaksinasi Covid 19 Ampuh untuk Mengatasi Varian Omicron?

Belakangan banyak negara yang telah mengantisipasi warganya untuk melakukan vaksinasi covid 19, tidak lain karena beberapa penyebab, salah satunya varian baru omicron yang muncul di Afrika Selatan.

Apakah Vaksinasi Covid 19 Ampuh untuk Mengatasi Varian Omicron?

Namun muncul pernyataan baru, apakah vaksin-vaksin yang sudah ada dapat menangkal bahkan mencegah penularan virus corona varian ini? Atau justru perlu pengembangan terkait vaksin-vaksin yang sudah ada?

Seperti Apakah Varian Corona Omicron Ini?

Hal yang harus Anda tahu, ada ribuan varian baru terkait covid 19. Perkembangan ini memang harus di update, karena sejak dulu virus selalu bermutasi. Namun varian baru yang diberi nama B.1.1.529 (omicron) ini membuat beberapa peneliti khawatir karena sedikit berbeda dengan varian awal covid 19.

Varian awal covid 19 sendiri sudah dipelajari untuk mengembangkan berbagai vaksin yang sudah ada, sehingga para pakar mulai bertanya apakah tetap efektif menggunakan vaksin ini untuk menangkal varian omicron.

Hal yang harus Anda tahu, omicron mengalami banyak perubahan hingga total mencapai 50. Dari 32 diantaranya berbentuk spike protein virus, bagian yang digunakan untuk pengembangan vaksin covid 19.

Efektivitas Vaksin Saat Ini untuk Menangkal Varian Omicron

Sebelumnya para pakar mengatakan jika vaksin sekarang ini bukan solusi yang tepat, sehingga kurang efektif untuk menghadapi varian baru. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir.

Vaksin covid 19 yang sudah dikembangkan cukup efektif untuk memberikan perlindungan. Khususnya untuk varian Gamma, Delta, Beta dan Alpha.

Banyak dokter mengatakan sangat penting untuk kita memperoleh dosis vaksin yang dianjurkan. Yang mana sangat berpengaruh untuk menghadapi kemunculan varian baru di masa yang akan datang.

Bisa Anda lihat negara seperti Inggris yang sukses menurunkan angka kematian dan pasien rawat rumah sakit karena kesuksesan mengikuti program vaksinasi covid 19. Melihat hal ini, para ahli mulai melakukan uji coba untuk mengetahui apakan vaksin-vaksin sebelumnya dapat menghadapi varian baru tersebut.

Vaksinasi Covid 19 Untuk Menghalau Varian Omicron

Hal yang harus Anda pahami, beberapa vaksin sudah diperbaharui untuk berjaga-jaga jika ada varian baru di masa depan. Maka dengan pembaharuan vaksin tersebut, nantinya bisa langsung dicek apakah efektif atau tidak.

Jika dirasa tepat, maka perusahaan obat bisa meningkatkan produksi. Di sisi lain, regulator akan mempercepat proses pemberian izin akan penggunaan.

Tidak perlu khawatir, semua proses akan dilakukan dengan cermat. Mulai dari desain hingga persetujuan. Namun ingat, keseluruhan persiapan ini bisa dipercepat dari peluncuran vaksin covid pertama.

Seberapa Banyak Virus Corona Omicron?

Hingga sekarang ini virus omicron sudah memasuki beberapa negara seperti Afrika Selatan, Jepang, Hongkong, Amerika, Italian, Jerman, Australia, Brasil, Ceko, Denmark, Prancis, Belanda, Korea Selatan bahkan negara tetangga, Singapura.

Tidak ada bukti yang jelas bahwa varian tersebut menyebabkan kondisi parah bila terkena pasiennya. Namun ada kesamaan dengan varian yang awal, di mana kondisi akan memperparah pasien berusia tua atau dengan penyakit bawaan.

Meski demikian, harus ada catatan jelas terkait varian yang memiliki penularan tinggi. Hal ini biasanya akan menyebabkan kasus kematian, khususnya orang-orang yang belum divaksin.

Perlu disadari vaksin akan memberikan perlindungan, yang mana bila kita terkena virus corona, namun akan meminimalisir gejala yang ada. Selain itu vaksinasi akan memangkas kemungkinan terkena infeksi virus corona.

Dari hal ini, kemenkes selalu mengingatkan agar masyarakat mengikuti prokes yang ada. Mulai dari mencuci tangan, penggunaan maker, menjaga jarak, menghindari keramaian dan pastinya melakukan vaksinasi.

Virus bereproduksi dengan memperbanyak diri, namun prosesnya tidak selalu sempurna. Dalam hal ini, penting sekali untuk menekan angka infeksi. Karenanya, vaksinasi covid 19 akan membantu kita untuk melindungi diri dan orang sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *