Apakah Rambut Basah Tidak Boleh Disisir?

Apakah Rambut Basah Tidak Boleh Disisir?

Apakah rambut basah tidak boleh disisir? Rambut dalam keadaan basah ini sangat rentan dengan kerusakan. Dalam keadaan ini rambut akan membengkak sehingga rambut akan mudah rapuh dan terjadi kerusakan. 

3 Cara Menyisir Rambut yang Benar

Meski terkesan sepele, tapi cara ini merupakan hal yang penting dalam menyisir rambut . hal ini bertujuan untuk menjaga tampilan rambut Anda tetap indah dan terlihat rapi. 

1. Pakailah Sisir Rambut yang Tepat

Salah satu cara menyisir rambut yang benar adalah dengan menggunakan sisir rambut yang tepat. Menyisir rambut dengan menggunakan sisir yang salah dapat mengakibatkan rambut menjadi rusak, seperti rambut yang semakin kusut. 

Contohnya adalah menyisir rambut yang lurus, maka gunakan sisir rambut yang memiliki gigi sempit. Sedangkan bagi Anda yang memiliki rambut bergelombang gunakan sisir rambut yang bergigi lebar. 

Begitu pula dengan Anda yang memiliki rambut panjang seta tebal gunakan sisir rambut yang berjenis paddle brush. 

2. Jangan Menyisir Rambut Ketika Masih Basah

Apakah rambut basah tidak boleh disisir? Menyisir rambut ketika basah membuat rambut cepat patah atau rapuh apabila dilakukan terlalu sering.

Waktu yang tepat untuk menyisir rambut yaitu ketika rambut tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering, atau sekitar 80% hampir mengering. 

Setelah itu pakailah jari-jari tangan untuk mengatasi permasalahan rambut yang kusut agar terhindar dari kerusakan. Apabila Anda ingin menyisir rambut dalam keadaan basah, sisirlah ketika Anda menggunakan kondisioner sewaktu keramas. 

3. Jangan Terlalu Sering Menyisir Rambut

Setelah keramas rambut akan terasa lebih halus, hal itu terkadang membuat kita ingin terus menyisirnya.  Terlalu sering  menyisir rambut saat kering dapat membuat rambut rontok. 

Cara menyisir rambut yang benar yaitu dilakukan cukup 2 kali dalam sehari, yaitu pada waktu pagi dan pada malam hari sebelum tidur. Cara itu dapat membantu melumasi minyak rambut dengan menggunakan minyak alami yang berasal dari kulit kepala. 

Tips Menyisir Rambut Basah 

Ketika kita sedang keramas pori-pori kulit kepala tengah terbuka, hal ini menjadikan lebih sensitif. Selain itu rambut yang basah akan membuat rambut menjadi rontok dan juga patah. Berikut adalah tips menyisir rambut basah

  1. Pakailah sisir yang memiliki jari-jari yang jarang meski rambut Anda memiliki rambut yang pendek
  2. Jangan menyisir rambutnya ketika airnya masih menetes. Bungkus rambut menggunakan handuk katun yang lembut sekitar 5 menit. Tujuannya adalah untuk mengembalikan kelembaban rambut. Setelah rambut sudah agak kering, maka rambut sudah bisa disisir. 
  3.  Keringkan di bawah sinar matahari, atau menggunakan handuk atau menggunakan hair dryer ketika tengah terburu-buru.
  4. Oleskan rambut dengan serum mulai dari tengah hingga ujung rambut. Serum rambut bermanfaat untuk menutup pori-pori kemudian sisir menggunakan jari-jari sisir yang jarang untuk merapikan. 

Rambut basah disisir ini tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki rambut lurus, menyisir rambut ketika basah ini sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki rambut keriting, karena untuk mengurangi kerusakan pada folikel serta menjaga pola keriting agar tetap awet. 

Apakah rambut basah boleh disisir? Boleh apabila Anda memiliki rambut keriting.

Tapi jika Anda memiliki rambut yang lurus alangkah baiknya untuk menyisir ketika rambut dalam keadaan 80% kering. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan rambut agar tidak patah dan rusak. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *